Catatan: Ketika Perbedaan Menyatukan Kita ~ a Riswan Hanafyah's Blog project

Sunday, July 14, 2013

Catatan: Ketika Perbedaan Menyatukan Kita

Ketika Perbedaan Menyatukan Kita

Bumi...
Terdiri atas berbagai elemen, yakni air, api, udara, tanah, dan elemen-elemen lainnya.
Tidakkah pernah terpikirkan bahwa dari berbagai macam elemen saling bekerja sama dalam kelangsungan hidup bumi ini. Mereka bekerja dengan berbagai fungsi yang berbeda, namun dengan satu tujuan.
Berdasarkan dengan pernyataan di atas, jika salah satu elemen tidak berfungsi, maka bumi diambang kehancuran.

Bayangkan jika terjadi pada orang-orang di sekitar kita. Pada saat membentuk organisasi, mereka dari berbagai perbedaan. Untuk apa membentuk organisasi jika tidak ada tujuan? Itulah mengapa tujuan menjadi acuan agar mereka dapat bekerja sama dan walaupun itu ada perbedaan, jangan membuat perbedaan itu menghambat tujuan. Jadikan perbedaan itu sebagai pemersatu, bukan perpecahan.

Saya tahu saya memiliki perbedaan dengan teman di samping kiri, samping kanan, depan, belakang, atau di mana saja. Saya merasa perbedaan itu adalah anugrah terindah, karena perbedaan akan menyatukan kita menuju satu tujuan.

Setujukah anda bahwa perbedaan itu adalah pembawa kehancuran?

Hilangkan kata kehancuran. Ganti dengan kedamaian.

Kembali tergantung kepada seseorang itu. Banyak orang yang minder karena perbedaan itu. Tunjukkan perbedaan itu dengan prestasi yang gemilang. Bahwa semestinya kita tidak boleh menghina perbedaan yang dia miliki. Sesungguhnya perbedaan itu adalah anugrah tuhan.

Jadi, janganlah perbedaan menjadi patokan pemisah. Jadikan patokan pemersatu, demi masa depan yang cerah.

0 komentar :

Post a Comment