Artikel: Perbandingan Video Editor ~ a Riswan Hanafyah's Blog project

Sunday, July 14, 2013

Artikel: Perbandingan Video Editor

Banyak sekali video editor yang belakangan ini beredar luas di toko-toko hingga di dunia maya. Video editor adalah sebuah software yang berfungsi sebagai pengedit dan memberika sesuatu agar menjadi sebuah video yang utuh.

Video editor kadang-kadang gampang dan kadang-kadang rumit, tergantung dengan tampilan dari software tersebut. Namun, jangan khawatir dikarenakan video editor saat ini dapat digunakan dengan mudah dan nyaman.

Persoalan lainnya adalah, seberapa besar resource yang digunakan video editor? Ini yang menjadi pemikiran sendiri sebagai seorang editor. Mereka membutuhkan perangkat kelas tinggi agar dapat mengedit video dengan mudah serta nyaman.

Jika kita menggunakan Windows XP, kita pasti akan menemukan sebuah software pengedit video, yaitu Windows Movie Maker. Windows Movie Maker pertama kali muncul pada sistem operasi Windows ME, namun masih minim fitur. Windows Movie Maker pada Windows XP Service Packs 2 mengalami peningkatan yang baik daripada sebelumnya. Namun, untuk kelas profesional, ini masih minim yang sebenarnya diperlukan. Namun cukup berguna bagi seorang pemula yang masih belajar mengedit video. Dan Windows Movie Maker berevolusi menjadi Windows Live Movie Maker yang menampilkan tampilan lebih modern dan banyak fitur yang dapat digunakan. Namun itu masih belum cukup.

Ada lagi video editor lainnya seperti Ulead VideoStudio (sekarang Corel VideoStudio), Sony Vegas Movie Studio, Pinnacle Studio, hingga program yang paling terbaik Adobe Premiere.

Corel VideoStudio dan Pinnacle Studio memiliki tampilan yang mudah digunakan dan teratur, tidak seperti program lainnya. Namun soal penggunaan memori, Corel VideoStudio-lah yang paling rendah penggunaannya.

Namun pada kenyataannya bahwa Adobe Premiere-lah yang paling unggul, disebabkan banyaknya fitur yang tidak ada pada program lain. Program ini juga banyak digunakan pada stasiun televisi, sehingga dapat dikatakan bahwa Adobe Premiere adalah video editor yang paling baik.

Namun, ini hanya referensi saja, mungkin Anda mempunyai pemikiran masing-masing.

0 komentar :

Post a Comment