Artikel: Tiga Tombol Aneh pada Keyboard ~ a Riswan Hanafyah's Blog project

Sunday, July 14, 2013

Artikel: Tiga Tombol Aneh pada Keyboard


Anda tahu 'kan keyboard pada komputer atau laptop!
Sejauh ini, Anda hampir tahu semua tombol yang mungkin Anda gunakan.
Tetapi agar benar-benar lengkap, mari kita bahas tiga tombol paling misterius pada papan tombol: PrtScn, Scroll Lock, dan Pause/Break.

  • PrtScn (atau Print Screen)
Dahulu sekali, tombol ini memiliki fungsi sesuai namanya—mengirim layar teks saat ini ke pencetak. Kini, menekan PrtScn menangkap citra dari seluruh layar ("tangkapan gambar layar") dan menyalinnya ke Papan klip di dalam memori komputer. Dari sana, Anda bisa menempelkannya (Ctrl+V) ke dalam Microsoft Paint atau program lain dan, jika diinginkan, mencetaknya dari program tersebut.

Yang tidak begitu jelas fungsinya adalah SYS RQ, yang menggunakan tombol yang sama dengan PrtScn pada beberapa papan tombol. Secara historis, SYS RQ dirancang sebagai "permintaan sistem", tetapi perintah ini tidak difungsikan di dalam Windows.

Tip:
Tekan Alt+PrtScn untuk menangkap citra pada jendela aktif saja, sebagai pengganti seluruh layar.

  • ScrLk (atau Scroll Lock)
Pada kebanyakan program, menekan Scroll Lock tidak berpengaruh apapun. Pada beberapa program, menekan SCROLL LOCK akan mengubah perilaku tombol panah serta tombol Page Up dan Page Down; menekan tombol-tombol ini menyebabkan dokumen bergulung tanpa mengubah posisi kursor atau seleksi. Papan tombol Anda mungkin terdapat lampu yang mengindikasikan apakah Scroll Lock sedang aktif.

  • Pause/Break
Tombol ini jarang digunakan. Pada beberapa program lama, menekan tombol ini akan menjeda program tersebut atau, bersama dengan Ctrl, menghentikan eksekusinya.

Sumber: Microsoft

0 komentar :

Post a Comment