Artikel: Bagian Komputer ~ a Riswan Hanafyah's Blog project

Sunday, July 14, 2013

Artikel: Bagian Komputer

Jika Anda menggunakan komputer desktop, Anda mungkin sudah tahu bahwa tidak ada satu komponen yang disebut "komputer." Komputer sebenarnya adalah sebuah sistem dari banyak bagian yang bekerja sama. Komponen fisiknya, yang bisa Anda lihat dan sentuh, secara bersama-sama dinamakan peranti keras. (Peranti lunak, di sisi lain, mengacu pada petunjuk, atau program, yang memberitahu peranti keras apa yang harus dilakukan.)
Gambar di atas adalah bagian-bagian komputer desktop yang paling umum

Ilustrasi berikut menunjukkan peranti keras paling umum pada desktop sistem komputer. Sistem Anda mungkin akan terlihat berbeda, tapi mungkin memiliki sebagian besar dari komponen ini. Komputer laptop memiliki komponen yang sama tapi digabungkan jadi satu, paket ukuran notebook.

Mari kita bahas masing-masing komponen ini.

1. Unit sistem
Unit sistem adalah inti dari suatu sistem komputer. Biasanya berupa kotak persegipanjang yang ditaruh di atas atau di bawah meja. Di dalam kotak ini terdapat banyak komponen elektronik yang mengolah informasi. Yang terpenting dari komponen ini adalah central processing unit (CPU), atau mikroprosesor, yang bertindak sebagai "otak" komputer Anda. Komponen lainnya adalah random access memory (RAM), yang menyimpan secara sementara informasi yang digunakan CPU ketika komputer menyala. Informasi yang tersimpan pada RAM akan terhapus ketika komputer dipadamkan.
Hampir semua bagian lain komputer terhubung ke unit sistem melalui kabel. Kabel tersebut dicolok ke porta (celah) tertentu, biasanya pada bagian belakang unit sistem. Peranti keras yang bukan bagian dari unit sistem kadang dinamakan peranti periferal atau peranti.

Komputer Anda memiliki satu atau lebih kandar cakram—peranti yang menyimpan informasi pada cakram logam atau plastik. Cakram ini menyimpan informasi bahkan ketika komputer dipadamkan.

- Kandar cakram keras
Komputer Anda kandar cakram keras menyimpan informasi pada cakram keras—piringan padat atau tumpukan piringan dengan permukaan magnetik. Karena cakram keras bisa menampung banyak sekali informasi, maka biasanya ia berfungsi sebagai tempat penyimpanan utama pada komputer, menampung hampir seluruh program dan berkas Anda. Kandar cakram keras biasanya terletak di dalam unit sistem.

- Kandar CD dan DVD
Hampir semua komputer kini dilengkapi dengan kandar CD atau DVD, biasanya terletak di bagian depan unit sistem. Kandar CD menggunakan laser untuk membaca (mengambil) data dari CD; dan banyak kandar CD juga bisa menuliskan (merekam) data ke CD. Jika Anda mempunyai kandar cakram yang dapat direkam, Anda bisa menyimpan salinan berkas pada CD kosong. Anda juga bisa menggunakan kandar CD untuk memainkan CD musik pada komputer Anda.
Kandar DVD bisa melakukan apa saja yang bisa dilakukan oleh kandar CD, serta bisa membaca DVD. Jika Anda mempunyai kandar DVD, Anda bisa menonton film pada komputer. Banyak kandar DVD bisa merekam data ke DVD kosong.

Tip:
Jika Anda mempunyai kandar CD atau DVD yang dapat direkam, cadangkanlah (salin) berkas penting Anda secara berkala ke CD atau DVD. Dengan demikian, jika cakram keras mengalami kegagalan, data Anda tidak akan hilang.

- Kandar disket
Kandar disket menyimpan informasi pada cakram floppi, juga disebut floppi atau disket. Dibandingkan dengan CD dan DVD, disket hanya bisa menyimpan sejumlah kecil data. Ia juga mengambil informasi lebih lambat dan lebih mudah rusak. Karena itulah, disket kurang populer, meskipun ada komputer yang masih menyertakannya.
Mengapa cakram disebut "disket"? Meskipun bagian luarnya terbuat dari plastik keras, ini hanyalah selubung. Cakram di dalamnya terbuat dari bahan vinil yang tipis dan fleksibel.

2. Tetikus
Tetikus adalah peranti kecil yang digunakan untuk menunjuk dan memilih unsur pada layar komputer. Meskipun tetikus tersedia dalam berbagai bentuk, tetikus biasanya agak terlihat mirip tikus yang sesungguhnya. Bentuknya kecil, memanjang, dan terhubung ke unit sistem oleh kabel panjang yang menyerupai ekor. Beberapa tetikus baru bersifat nirkabel.
Tetikus biasanya memiliki dua tombol: Tombol utama (biasanya tombol kiri) dan tombol sekunder. Banyak tetikus juga memiliki roda di antara kedua tombolnya, sehingga Anda bisa menggulung melintasi layar informasi.
Ketika Anda menggerakkan tetikus dengan tangan, penunjuk pada layar juga bergerak ke arah yang sama. (Bentuk penunjuk mungkin berubah bergantung pada di mana letaknya pada layar.) Bila Anda ingin memilih suatu unsur, tunjuklah ke unsur tersebut lalu klik (tekan dan lepaskan) tombol utama. Menunjuk dan mengklik dengan tetikus adalah cara utama dalam berinteraksi dengan komputer.

3. Papan tombol
Papan tombol terutama digunakan untuk mengetikkan teks ke dalam komputer. Seperti halnya papan tombol pada mesin ketik, ia memiliki tombol huruf dan angka, tetapi juga ada tombol khusus:
Tombol fungsi, yang ada pada baris atas, melakukan fungsi yang berbeda bergantung pada di mana ia digunakan.
Papan tombol angka, yang terletak di sisi kanan kebanyakan papan tombol, memungkinkan Anda memasukkan angka dengan cepat.
Tombol navigasi, seperti tombol panah, memungkinkan Anda memindahkan posisi Anda di dalam suatu dokumen atau halaman web.
Anda juga bisa menggunakan papan tombol untuk melakukan banyak tugas yang sama seperti yang bisa dilakukan dengan tetikus.

4. Monitor
Monitor menampilkan informasi dalam bentuk visual, dengan menggunakan teks dan grafik. Bagian monitor yang menampilkan informasi dinamakan layar. Seperti halnya layar televisi, layar komputer bisa menampilkan gambar diam atau bergerak.
Ada dua tipe dasar monitor: Monitor CRT (tabung sinar katoda) dan yang terbaru monitor LCD (tampilan kristal cair). Kedua tipe ini menghasilkan gambar yang tajam, tetapi keunggulan monitor LCD adalah lebih tipis dan lebih ringan.

5. Pencetak
Pencetak memindahkan data dari komputer ke kertas. Anda tidak perlu pencetak agar bisa menggunakan komputer, tetapi memilikinya akan memungkinkan Anda mencetak e-mail, kartu, undangan, pengumuman, dan materi lainnya. Banyak orang yang juga ingin bisa mencetak fotonya sendiri di rumah.
Ada dua tipe utama pencetak, yaitu pencetak inkjet dan pencetak laser. Pencetak inkjet adalah pencetak yang terpopuler untuk pemakaian di rumah. Ia bisa mencetak hitam-putih atau berwarna dan bisa menghasilkan foto bermutu tinggi bila digunakan pada kertas khusus. Pencetak laser lebih cepat dan biasanya bisa menangani pekerjaan yang lebih berat.

6. Pengeras suara
Pengeras suara digunakan untuk memperdengarkan suara. Ia dapat tertanam di dalam unit sistem atau dihubungkan dengan kabel. Pengeras suara memungkinkan Anda mendengar musik dan efek suara dari komputer.

7. Modem
Untuk menyambungkan komputer ke Internet, Anda perlu modem. Modem adalah peranti untuk mengirim dan menerima informasi pada komputer melalui saluran telepon atau kabel berkecepatan tinggi. Modem kadang tertanam di dalam unit sistem, tetapi modem berkecepatan tinggi biasanya berupa komponen yang terpisah.

Sumber: Microsoft

0 komentar :

Post a Comment